Sabtu, 30 Januari 2010

sentra kerajinan monel kriyan



Ketika assesoris kini menjadi trend masa kini, para pengrajin monel di Desa Kriyan sebagai peluang usaha. Maklum di desa ini banyak sekali pengrajin perhiasan yang terbuat dari monel yaitu campuran tembaga yang salah satunya timah.
Monel telah menjadi bahan baku untuk membuat aneka macam perhiasan seperti kalung,gelang,cincin,anting-anting maupun perhiasan rumah lainnya. Runah batu akik yang terbuat dari monel banyak dibuat disini,selain itu identitas jamaah haji jepara berupa gelang juga diproduksi di Desa Kriyan.
Berbagai desain dan motif kini pun semakin diminati pasar. Cincin,kalung,gelang, dan giwang dari monel semakin diminati anak muda. Biasanya diatasnya tertulis sebuah nama. Tak heran jika kerajinan monel kriyan kini telah menembus hampir keseluruh wilayah Indonesia. Pemasaran langsung maupun lewat buyer di Jakarta membuat industri ini yumbuh dan berkembang baik di tahun ini. Tak kurang dari 596 pekerja yang tersebar di 138 unit usaha ini kerajinan monel tumbuh berkembang seiring dengan perhiasan lain dan bahan baku emas murni yang banyak sekali tumbuh di Jepara terutama Desa Margoyoso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar