Jumat, 29 Januari 2010

sentra mebel ukir tahunan



sentra ini telah menjadi pioneer serta ikon mebel ukir jepara tepatnya di Desa Tahunan sekitar 5 kmn dari alon-alon kabupaten jepara. Sentra mebel ukir ini lokasinya berdekatan dengan sentra relief di Senenan, posisinya yang berada tepat di sepanjang raya menuju kota jepara memudahkan untuk dikenali siapa saja yang menuju jepara.
Disepanjang jalan ini banyak shorum-shorum yang memajang aneka macam perabot rumah tangga serta beragam kerajinan kayu lainnya untuk souvenir. Namun disini pengunjung hanya dapat melihat dan membeli karena proses produksi dilakukan ditempat yang lokasinya agak ke dalam
Kebanyakan barang diproduksi di desa-desa sekitar yang tersebar dibeberapa desa. Disini hanya sebagai tempat untuk memasarkan hasil kerajinan mebel ukir. Tak heran jika didaerah ini nuansa bongkar muat barang dapat kita lihat. Barang-barang tersebut siap diantar ke pembeli diluar kota baik lokal maupun manca negara, seperti kursi,almari,meja maupun perabot rumah tangga lainnya.
Dari kerajinan kayu dan firniture ini mampu menyerap tenaga kerja ini mampu menyerap tenaga kerja sekitar 58.210 orang dengan jumlah unit usaha sebanyak 3.867 unit usaha. Kerajinan kayu dan furniture dari kayu ini menyerap hampir diseluruh kecamatan di Jepara.

1 komentar: