Sabtu, 30 Januari 2010

sentra perajin rotan teluk wetan



Kini meskipun pesaing di bidang kerajinan Rotan banyak bermunculan namun kualitas hasil kerajinan Rotan Didesa Teluk Wetan nasih tetap yang terbaik. Dengan desain yang yang selalu inovatif kerajinan Rotan berupa kursi,meja dan perabotan lainnya seperti kap lampu hias maupun baki semakin diminati pasar terutama pasar internasional.
Maka tak heran jika priduk dari desa Teluk Wetan ini cukup membanjiri pasar Asia terutama Korea dan Cina. Kerajinan rotan dari jepara disebut-sebut memiliki kualifikasi baik dilihat dari konstruksi maupun kerapiannya. Tak heran jika saat ini industri Rotan Teluk Wetan mengalami kemajuan yang cukup pesat.
Tak kuranng 2.464 tenaga kerja terlibat disektor industri yang memiliki 312 uni usaha ini. Lokasi yang agak masuk kedalam memang tidak mudah untuk menemukan sentra kerajinan Rotan ini. Namun siapa yang tak kenal dengan Desa Teluk Wetan, karena dari sinilah produk-produk furniture berkualitas dari rotan dihasilkan.
Omset penjualannya pun meningkat namun disebabkan semakin minimnya pasokan rotan siap jadi maka tak sedikit perajin yang kemudian beralih menggunakan bahan baku sintetis. Sepintas memang tidak jauh beda dengan rotan namun bahab sintetis agaknya lebih kuat dan tahan cuaca terutama untuk iklim Eropa yang menjadi tujuan ekspor industri kerajinan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar